Selasa, 16 Agustus 2011

Ketika Kucing Melahirkan

kucing, anak kucing, kucing melahirkan

Saya akan menceritakan pengalaman keluarga kami menyaksikan langsung bagaimana proses kucing saya untuk pertama kalinya melahirkan. Sebelum saya menceritakan, saya mohon maaf jika ada beberapa foto yang kurang enak dilihat.

Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, 4 April 2009 mulai pukul 17.50 WIB. Pertama kali kucing kami melahirkan satu anak. Disusul ke dua, ke tiga, dan seterusnya sampai ke enam.

kucing, anak kucing, kucing melahirkan, anak kucing dijilat

Setelah melahirkan, sang ibu langsung menjilat anaknya supaya tidak kedinginan.

anak kucing baru lahir, ari-ari, ari ari kucing

Masalah pertama muncul saat ari-ari anak ke dua belum lepas. Lantas, kita langsung menelpon dokter kenalan kami untuk mengatasi masalah ini. Singkat cerita, kami disarankan untuk memotong ari-ari dengan gunting yang harus disterilkan dengan betadine.

Ini setelah ari-arinya kami gunting…

anak kucing, ari-ari kucing, ari ari kucing

Masalah kedua muncul saat kucing kami melahirkan anak ke empat, yang dimana bermaksud membantu mengeluarkan anak ke empat dengan harapan selamat, tetapi ari-ari tertinggal di rahim sang ibu. Kalau manusia melahirkan, ari-arinya harus segera dipotong. Karena kami masih awam dalam hal ini, jelas kami menjadi khawatir terhadap keselamatan “sang ibu”. Untuk yang kedua kalinya, kami mencoba menghubungi dokter kenalan kami, namun teleponnya sibuk. Karena sang dokter tidak dapat dihubungi, maka bapak dan adik saya langsung membawa sang ibu ke pet shop tempat dokter kenalan kami praktek sekitar pukul 19.35. Bapak dan adik saya tiba di tempat pukul 19.45. Namun setelah sampai di sana, ternyata sudah tutup. Biasanya toko tersebut tutup pukul 20.00 an. Jelas, kekahwatiran kami bertambah.

kucing, anak kucing, kucing melahirkan

Akhirnya bapak saya berusaha mencari nomor telepon dokter yang lain untuk memecahkan masalah ini. Singkat cerita, akhirnya bapak saya mendapatkan jawaban yang membuat kami agak lega. Kami disuruh untuk menunggu sang ibu mengeluarkan ari-ari dengan sendirinya. Akhirnya kami memutuskan untuk memasukkanya ke kandang.

Pada pukul 21.10 terjadi hal yang tidak kami sangka. “Sang ibu” melahirkan anak ke lima. Secara logika, berarti ari-ari yang sempat tertahan tadi sudah keluar. Dan akhirnya pada pukul 21.25 “sang ibu” melahirkan anak ke enam.

Inilah keenam anak kucing kami…

anak kucing, induk kucing, ibu kucing

Semoga bermanfaat.