Selasa, 03 Januari 2012

Create Project Baru di GNS3

Bagi anak Teknik Informatika dan Ilmu Komputer, terutama pada konsentrasi Jaringan Komputer, software ini sudah tidak asing lagi. GNS3 adalah software open source tentang simulator jaringan pada Cisco. Di sini kita dapat memilih image IOS sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Nah, bagi yang belum tahu, disini saya akan post bagaimana cara memulai suatu project, memilih IOS Image Router, dan cara menyimpan yang benar dengan Sistem Operasi Ubuntu 11.04 (Linux Based Debian). Pastikan program GNS3 sudah terinstall di komputer atau laptop Anda. Saya sarankan program GNS3 di install pada Sistem Operasi Linux (umumnya Debian) karena kalau di Windows akan berjalan berat (pengalaman pribadi).

1) Saat pertama kali membuka program akan muncul tampilan pada Gambar 1. Silahkan Anda centang semua pilihan pada New Project → isikan nama project → tentukan tempat dimana project akan disimpan (Lihat Gambar 2). Perhatikan, proses ini harus urut!


Gambar 1. Tampilan awal
Gambar 2. Create project dan setting save

2) Melakukan pengecekan pada dynamips. Hal ini berfungsi saat kita melakukan konfigurasi pada router. Pada menu bar, pilih “Edit” → “Preferences” atau cukup tekan “Ctrl + Shift + P” pada keyboard komputer atau notebook Anda. Setelah muncul Dialog Box, pilih “Dynamips”.

Gambar 3. Dynamips

3) Klik “Test” untuk mengecek, Dynamips aktif atau belum. Jika aktif, maka ada pemberitahuan di sebelah kanan tombol Test “Dynamips successfully started” → klik OK

Gambar 4. Dynamips aktif

4) Load IOS Images. Pada menu bar, pilih “Edit” → “IOS Images and hypervisors” atau tekan “Ctrl + Shift + I” pada keyboard komputer atau notebook Anda.

Gambar 5. Dialog Box IOS Images sebelum diisi IOS Images
5) Pilih Image File yang Anda inginkan. Untuk jenis-jenis image file sendiri, Anda dapat download di internet (googling sendiri ya 😁)

Gambar 6. Klik "Image file"
Gambar 7. Select an IOS image

6) Setelah Anda pilih, jangan lupa klik “Save” → “Close”

Gambar 8. Save IOS Images

7) Mencoba Router yang telah dipilih IOS Imagenya tadi. Karena tadi saya memilih IOS Image untuk Router c3600, maka saya akan menggunakan Router c3600 untuk simulasi saya. Gunakan drag and drop untuk menaruh router di tempat yang telah disediakan untuk simulasi. Klik kanan pada router pilih “start”. Setelah itu klik kanan lagi pada router pilih “console”

Gambar 9. Saat simulasi dijalankan

Selamat mencoba :)