Kamis, 15 Juni 2017

ESQ KURMA, Kisah untuk Remaja

motivasi, ESQ, anak-anak

Bahasanya santai, gaul, modern, tetapi penuh makna. Buku ini tidak sekedar sebagai introspeksi diri namun dapat memperbaiki sikap kita pada orang lain dan tentunya akan menjadi lebih mengenal siapa diri kita, bagaimana diri kita di hadapan Allah dan apa yang harus kita lakukan dalam menyikapi hidup ini.

Pada dasarnya buku ini banyak menampilkan kisah nyata perjalanan spiritual seseorang yang pada akhirnya sadar untuk ke jalan yang sesungguhnya. Selain itu buku ini juga menyertakan beberapa ayat Al-Quran dan menampilkan kisah beberapa sahabat Rasulullah SAW yang Insya Allah dapat mempertegas isi dari buku ini. Selain itu penulis juga memberi "komik singkat" menarik yang dimana hal ini menambah "renyah" isi buku ini.

Buku ini menampilkan solusi dari "pertanyaan-pertanyaan" kita sebagai remaja yang penuh dengan rasa bingung. Misalnya, dugem itu bermanfaat gak ya? Kalo ada yang ngajak dugem, gua musti ikut atau gak ya? Kalo nolak ajakan dugem itu masih bisa dibilang gaul apa gak sih? Kalo dibilangin sok alim itu musti gimana ya? Bagaimana sih cara gaul yang asyik namun tetap di jalan Allah? Kalau diputusin pacar, gua musti gimana ya? Ngambek atau pasrah aja? Bagaimana sih mempererat hubungan ama bokap nyokap? Sebenarnya tepat gak sih merayakan ulang tahun dengan pesta? Atau misalnya masalah idola, siapa ya orang yang tepat idola gua? Bagaimana sih kriteria idola yang tepat untuk kita?

Hal lain lagi tentang sikap kita dengan guru. Kok Guru A begini begitu ya? Nyebelin, galak alias killer, cerewet, bawel, suka marah sama muridnya, dsb. Guru itu sebenarnya sayang sama kita gak sih? Begitu juga untuk gurunya sendiri. Penulis mencantumkan pengalaman spiritual salah seorang guru yang sebelumnya killer menjadi peace terhadap muridnya.

Atau misalnya masalah sholat. Sebenarnya panggilan adzan itu bermanfaat gak sih? Sholat itu ada untungnya gak? Kalo ada, apa untungnya? Mengapa kita harus sholat lima waktu? Mengapa Allah memerintahkan sholat lima waktu? Allah itu sebenarnya sayang ama kita gak sih dengan perintah sholat lima waktu?

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang terus numpuk di kepala kita (remaja) sampai buntet. Apa jawabannya? Temukan jawaban-jawaban yang menarik dan bermanfaat dalam buku ini!

Judul buku : ESQ Kurma, Kisah untuk Remaja
Penulis : Ridwan Mukri
Penerbit : DAR! Mizan dan ARGA Publishing
Cetakan : Dzulqa'dah 1428 H/November 2007 M
Isi : 168 halaman